Jumat, 29 Juli 2011

Myanmar Dominasi Serangan Dunia Maya


Kerap disorot dunia internasional seputar masalah politik, Myanmar lagi-lagi jadi pemberitaan. Negara di kawasan Asia Tenggara ini menduduki peringkat pertama sebagai sumber serangan internet di kuartal pertama 2011.
Menurut laporan Akamai yang bertajuk State of the Internet, 13 persen lalu lintas serangan di dunia maya datang dari negara yang dulu disebut Burma ini. Cukup mengejutkan karena sampai akhir 2010 lalu nama Myanmar bahkan tak pernah muncul di daftar Top 10.
Meski demikian, laporan Akamai ini tidak memastikan bahwa serangan yang berasal dari Myanmar ini dilancarkan oleh kelompok tertentu atau hanya semacam botnet yang memanfaatkan host yang tak terproteksi di sana. Pihak Akamai, seperti dikutip dari beberapa media barat, menyebutkan bahwa bisa jadi ini adalah bouncing attack.
Masih menurut Akamai, sumber serangan di peringkat ke-2 adalah Amerika dengan presentase serangan sebesar 10%. Angka tersebut meningkat dari kuartal 4 2010 yang menunjukkan presentase 7,3% saja. Di peringkat selanjutnya adalah Taiwan (9,1%), Russia (7,7%), dan China (6,4%).
Yang menarik adalah sampai akhir 2010, Russia adalah negara dengan lalu lintas serangan global terbanyak. Namun kini malah dilampaui oleh Amerika dan Taiwan.

0 komentar:

Posting Komentar