Kamis, 28 Juli 2011

Belajar Apa itu Web Application..?

Web design dan  programming adalah suatu bidang yang mempelajari tentang bagaimana membuat web yang baik, benar, dinamis, dan tentu saja mudah digunakan oleh penngakses website tersebut. Web desain dan web programming adalah dua bidang yang berbeda namun saling terkait antara yang satu dengan yang lain.Web design belajar bagaimana mendesain suatu aplikasi web  baik user interace, maupun struktur datanya. Bagaimana navigasi dilakukan, bagaimana memproses inputan user dan bagaimana suatu aplikasi web berinteraksi dengan user adalah dirancang pada saat desain. Sedangkan web programming adalah bagaimana mengimplementasikan struktur aplikasi web yang sudah dirancang pada saat proses desain menjadi aplikasi web yang sebenarnya (dapat digunakan).


Dalam membuat suatu aplikasi web, ternyata berbeda dengan membuat aplikasi desktop baik dari segi perancangan maupun dari segi implementasi meskipun ada beberapa hal yang sama. Itu disebabkan karena memang aplikasi web bukanlah aplikasi berbasiskan desktop. Aplikasi web harus dapat memenuhi beberapa syarat diantaranya :
  • Harus bisa multi platform,
  • Bisa digunakan oleh user tanpa harus user membaca dokumentasi
  • Harus bisa digunakan selama 1x 24 jam sehari dan 1 x 7 hari seminggu
  • Dapat dimodifikasi tanpa harus membuatnya dari awal
  • Digunakan oleh user yang sangat beragam
Dari syarat-yarat tersebur memang sudah menjelaskan bagaimana sebaiknya aplikasi web dibuat. Tentu butuh ilmu, tentu butuh perancangan yang akurat karena web aplication hanya mempunyai umur yang relatif pendek (short time life), karena pasti akan ada suatu masalah baik dari segi keamanan maupun dari segi fitur-fitur yang ada sehigga web aplication akan terus berevolusi.

Pada abad ke-21 ini aplikasi berbasis web sudah berkembang sangat pesat karena adanya internet, bahkan perkembangannya jauh melebihi aplikasi konvensional. Dalam beberapa tahun saja peningkatan jumlah halaman website sudah meningkat berkali-kali lipat, begitu juga perkembangan komponen-komponen yang membantu berkembangnya aplikasi web. Perkembangan dari HTML 1 sampai sekarang HTML 5, php 1 sampai sekarang php 5, adanya javascript, java  serve rpage, applet, dll membuktikan betapa internet menjadi sesuatu yang sangat penting bagi manusia jaman sekarang dan sudah mengubah gaya hidup manusia.

0 komentar:

Posting Komentar